unnur@unnur.ac.id (022) 6034484

Pelepasan Mahasiswa KKNMT Unnur di Kec. Cisarua Kab. Banjar

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pendidikan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Dalam pengabdian ini mahasiswa diberikan pengalaman belajar untuk hidup di tengah – tengah masyarakat di luar kampus maupun secara langsung mengidentifikasikan serta menangani masalah yang sedang di hadapi oleh para pelaku UMKM Desa diantaranya, Desa Kertawangi, Desa Pasirhalang, Desa Tugumukti, dan Desa Jambudipa selain itu KKN sebagai salah satu Mata Kuliah Wajib yang harus ditempuh, dan sebagai bentuk implementasi tridarma perguruan tinggi.

Pada hari Selasa, 06 Agustus 2024, Kepala Camat Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Bapak Taufik Firmansyah, M.Si menerima para mahasiswa dengan baik untuk melaksanakan KKN di daerah Cisarua. Beliau berharap KKN ini menghasilkan hal positif untuk kemajuan UMKM.

“Kami tentu mengharapkan bisa menjadikan UMKM di Desa ini di bagian digital menjadi lebih baik, karena masa sekarang semua serba digital dan itu pasar yang sangat bagus untuk UMKM-UMKM Desa ini,” ujarnya.

Rektor Universitas Nurtanio Bandung (Unnur), Dr. Sukmo Gunardi, M.Si., menyatakan bahwa diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik serta bisa berkontribusi dengan para pihak UMKM di Desa Kertawangi, Desa Pasirhalang, Desa Tugumukti, dan Desa Jambudipa untuk memajukan UMKM tersebut dalam pemasarannya yang terstruktur

Sektor UMKM merupakan hal yang penting bagi perkembangan dan kemajuan desa, khususnya di Desa, Desa Kertawangi, Desa Pasirhalang, Desa Tugumukti, dan Desa Jambudipa yang memiliki potensi dalam hal UMKM (usaha mikro kecil menengah) sehingga cukup memadai untuk menjalankan program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Kolaboratif 4 Kelompok

Mahasiswa KKN Kolaboratif 4 kelompok menjelaskan tujuan dibentuknya pemberdayaan komunitas di Desa Kertawangi, Desa Pasirhalang, Desa Tugumukti, dan Desa Jambudipa yaitu pada intinya hakikat pemberdayaan komunitas lokal agar masyarakat menjadi lebih aktif, berinisiatif, dan berdaya.