PDF Print E-mail

Sejarah Universitas Nurtanio Bandung

 

Berkat  Rakhmat Tuhan Yang Maha Esa, perjuangan rakyat Indonesia telah  mengantarkan rakyat Indonesia kepada Negara Republik Indonesia yang  merdeka, bersatu, dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang  Dasar 1945.

Dalam rangka mengisi  kemerdekaan  untuk menuju terwujudnya masyarakat yang maju, adil, makmur dan mandiri  berdasarkan Pancasila, yang membahagiakan seluruh bangsa Indonesia,  pemerintah Republik Indonesia melaksanakan pembangunan di segala bidang  termasuk pembangunan pendidikan.

Pembangunan  di bidang pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan serta  harkat dan martabat bangsa, terwujudnya manusia dan masyarakat Indonesia  yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti  luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan  rohani, berkepribadian yang mantap, berkualitas, mandiri, sehingga mampu  membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya serta dapat memenuhi  kebutuhan pembangunan nasional.

Pendidikan nasional dikembangkan secara terpadu dan terarah, baik antar  berbagai jalur, jenis dan jenjang pendidikan, maupun antar sektor  pendidikan dengan sektor pembangunan lainnya, serta antar daerah.    Masyarakat  sebagai mitra pemerintah, berkesempatan seluas-luasnya untuk berperan  serta dalam penyelenggaraan pendidikan nasional.

Untuk  meningkatkan peran serta secara aktif dalam rangka menunjang  pembangunan dan pengembangan pendidikan tinggi, atas prakarsa pimpinan  TNI AU, maka Keluarga Besar TNI AU melalui Yayasan Adi Upaya  menyelenggarakan Universitas Nurtanio Bandung yang disingkat Unnur.

Yayasan Adi Upaya (Yasau) berkedudukan di Jl. Budi Kemuliaan No. 16  Jakarta Pusat 10110 adalah Badan pendiri, pembina dan penyelenggara  Universitas Nurtanio Bandung. Yasau didirikan oleh Tentara Nasional  Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) untuk jangka waktu yang tidak  ditentukan, pada tanggal 2 Maret 1974 dengan akte Notaris Soelaiman  Ardjasasmita, S.H.  Nomor 8 tanggal 2 Maret 1974.

Tujuan Yasau dalam bidang sosial dan kemanusiaan adalah meningkatkan  kesejahteraan Keluarga Besar TNI AU dan menyelenggarakan Perguruan  Tinggi guna mencerdaskan masyarakat dan bangsa yang secara langsung atau  tidak langsung dapat menunjang keberhasilan tugas pokok TNI AU.

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang diselenggarakan Yasau adalah :  Universitas Suryadarma (Unsurya) di Jakarta, Universitas Nurtanio  Bandung (Unnur) di Bandung, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA)  di Yogyakarta, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) TNI AU Ciumbuleuit di  Bandung, dan Akademi Keperawatan (Akper) Rumah Sakit Pusat TNI AU Halim  Perdanakusuma di Jakarta.

Unnur merupakan penggabungan dan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi “Angkasa” (STIA “Angkasa”) yang didirikan pada 17 Februari 1967 berkedudukan di Lanud Sulaiman dengan Akademi Aeronautika Dirgantara Bandung (AADB) yang didirikan pada 27 Juli 1991 berkedudukan di Lanud Husein Sastranegara, Unnur dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 125/D/O/VII/1999 tanggal 19 Juli 1999.

Perguruan Tinggi yang terkait pada statuta ini didirikan pada tanggal 8  September 1999 oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara selaku Ketua Pembina  Yayasan Adi Upaya dengan nama Universitas Nurtanio Bandung (Unnur).

Kampus Unnur berada di Jl. Pajajaran No. 219 Lanud Husein Sastranegara Bandung dan  di Jl. Casa 2 Lanud Sulaiman Bandung.

 

Unnur Quick Menu

JL. Padjajaran No. 219 Lanud. Husein S. Bandung Telp./Fax. (022) 6034484 | unnur@unnur.ac.id
Copyright © 2014 | Universitas Nurtanio Bandung
Designed by Puskom Unnur

Partnership

S5 Box

Unnur Login Form